Percepat Pertumbuhan Ikan Dengan Probiotik

Dalam upaya menjalani sebuah usaha dalam bidang budi daya ikan air tawar semakin cepatnya pertumbuhan ikan maka akan semakin cepat pula proses panen, selain itu juga akan meminimalisir pengeluaran biaya untuk pembelian pakan. Beberapa cara yang sering dilakukan oleh para petani untuk mempercepat pertumbuhan ikan tersebut diantaranya dengan memberikan pakan alami yang banyak mengandung nutrisi seperti pemberian keong, bekicot bahkan untuk ikan jenis lel dumbo pemberian pakan alami ini bisa dilakukan dengan memberikan limbah pembuangan dari ayam (usus ayam), namun dengan pemberian pakan alami tersebut dirasakan kurang praktis karena harus dilakukan secara manual, misalkan utnuk pemberian pakan dengan keong, sipetani harus merecah dulu keong (menjadikan ukuran kecil-kecil) tersebut sebelum diberikan kepada si ikan. Saat ini untuk mempercepat pertumbuhan ikan budi daya bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien serta pertumbuhan ikan akan rata. Dalam beberapa bulan kebelakang pemberian Prebiotik untuk mempercepat pertumbuhan ikan sudah banyak dilakukan oleh para petani, namun cara ini belum diketahui oleh seluruh petani yang bergerak dibidang budi daya ikan air tawar, artikel ini semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan tentang cara budi daya ikan air tawar.

Prebiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Mikroorganisme yang terkandung pada Probiotik mampu membantu dalam proses pencernaan makanan pada tubuh makhluk hidup sehingga makanan yang mengandung probiotik akan mampu dicerna dengan maksimal oleh tubuh dan dari hasil penelitian prebiotik ini juga mampu memperkuat daya tahan tubuh. Pemberian probiotik pada ikan budidaya bisa dilakukan untuk campuran pakan atau ditebar langsung dikolam. Untuk pencampuran dengan pakan, pakan yang digunakan bisa pellet atau pakan toko yang lain tergantung kebiasaan petani memberikan pakan, sedangkan untuk penaburan langsung dikolam dilakukan untuk mempercepat proses tumbuhnya plankton atau organisme kecil lainnya yang merupakan pakan alami tambahan bagi ikan yang dibudi dayakan dan memelihara kualitas air kolam serta menggeburkan tanah, dengan penaburan probiotik langsung dikolam tentu saja bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan karena dengan banyaknya mikroorganisme yang hidup dikolam budi daya akan menambah pakan alami bagi si ikan dan dengan banyaknya makanan yang ada dikolam menjadikan pertumbuhan ikan lebih pesat dan ukurannya akan sama rata karena tidak berebut makanan yang diberikan oleh petani. untuk jens prebiotik yang langsung ditebarkan dikolam bisa menggunakan Nature atau Super plankton. Tidak ratanya pertumbuhan dan bobot ikan dari hasil survey yaitu selain kurangnya pakan tambahan yang hidup langsung dikolam (plankton) disebabkan pula oleh berebutnya makanan yang diberikan ketika petani memberikan pakan.Dengan pemberian probiotik ini diharapkan bisa menjadikan ukuran ikan tidak terlalu jauh berbeda dan tentu saja bisa mengurangi beban biaya yang dikeluarkan oleh petani dalam hal pembelian pakan.

Jenis prebiotik yang bisa dicampurkan langsung dengan pakan pellet yaitu RajaGrameh (untuk ikan Gurame), RajaLele (untuk lele dumbo), MasterFish, SPF atau Nature, untuk mendapatkan prebiotik ini para petani tidak perlu jauh-jauh dan susah payah mencari karena produk prebiotik ini bisa didapatkan ditempat/toko pakan dan pertanian. kebanyakan petani menggunakan prebioti ini dengan cara mencampurkannya dengan paka pellet karena lebih mudah pengerjaannya dan prebiotik yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, untuk pencampurannya bisa dilakukan dengan cara perbandingan yaitu dibutuhkan satu tutup prebiotik untuk campuran sebanyak 5kg pellet dan berlaku kelipatannya, sedangkan untuk harga prebiotik ini tergantung pihak toko karena tiap daerah tentunya berbeda-beda. Dari hasil yang diperolehpun lebih maksimal karena sebanyak 90% pakan yang dicampur dengan prebiotik tadi diserap oleh ikan menjadi daging dan sisanya yang 10% menjadi amoniak atau kotoran. Sampai sini dulu artikelnya semoga bisa bermanfaat dan kalau ada pertanyaan atau saran bisa menuliskan komentarnya....tidak lupa Salam Kreatif dari Saung Group.

0 komentar:

Post a Comment