Bisnis Kecil

Postingan dirubrik Managemen Business kali ini sedikit akan kita bicarakan tentang Bisnis Kecil, kenapa bisnis kecil? Pada dasarnya hampir semua postingan diblog ini memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, misalnya antara rubrik Fish Farming dengan rubrik Managemen Business, kedua rubrik ini memiliki keterkaitan dan berhubungan serta saling menunjang. Budidaya ikan air tawar dalam rubrik Fish Farming banyak dilakukan di desa-desa dan pengelolanyapun kebanyakan secara perorangan sehingga kami kategorikan budidaya ikan air tawar ini adalah sektor bisnis kecil walaupun tidak sedikit sudah melakukan ekspor produknya. Namun tidak sedikit awal mula dari sebuah perusahaan yang besar berawadari sektor bisnis kecil. Baiklah pembukaannya dicukupkan, sekarang kita langsung kebahasannya.
Apabila ada pertanyaan tentang bisnis kecil dilihat dari artinya, secara teori belum didefinisikan secara pasti karena setiap orang memiliki pengertian dan pemahaman yang berbeda. Kebanyakan orang menyatakan bisnis kecil adalah bisnis yang ada disekitar mereka, seperti toko kelontong, tukang cukur rambut, counter handphone, toko obat dan sebagainya. Namun menurut beberapa pakar bisnis baik perorngan ataupun secara organisasi bisnis kecil ini tidak hanya sekedar usaha yang beroperasi disekitar kita saja seperti kebanyakan orang mengartikannya. Berikut pengertian bisnis kecil :
  1. Small Business Administration Amerika mengatakan, bisnis kecil adalah :
  • Sebuah pabrik/perusahaan yang dijalankan oleh beberapa orang karyawan,
  • Usaha toko eceran, perusahaan konstruksaasa dan lainrang dari $5.000/tahun,
  • Usaha grosir dengan jumlah penjualan kurang dari $200.000/tahun,
  1. Commite For Economic Development mengemukakan, bisnis kecil :
  • Manajemennya dilakukan secara bebas, biasanya sipemilik langsung menjadi manager,
  • Modal berasal dari pemilik atau kelompoknya,
  • Daerah operasinya bersifat lokal dan si pemilik bertempat tinggal tidak jauh dari lokasi,
  • Dalam hal usaha industri ukuran besar atau kecil sangatlah relatif, suatu bisnis dikatakan kecil apabila dibandingkan dengan usaha sejenis,
  1. Ebert dan Griffin mengatakan:
"Small business as one that is independently owned and managed and does not dominate its market. A small business then, cannot be part of another business. Operator must be their own bosses, free to run their business as they please" " Bisnis kecil adalah usaha yang dimiliki dan dikelola secara bebas, bisnis kecil ini tidak mendominasi pasar. Bisnis kecil ini bukan merupakan bagian atau cabang dari perusahaan lain, yang menjalankannya adalah pemiliknya yang bekerja sesuai kesanggupannya." Dari ketiga definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwabisnis kecil merupakan suatu usaha yang dijalankan oleh perorangan atau lebih, modal relatif kecil dan milik pribadi, dijalankan oleh pemiliknya sendiri serta pasar lokal yang menjadi target utama dari pasarnya. Setelah mengetahui definisinya, banyak pelaku bisnis ini yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya, bahkan kamipun pernah mengalaminya. Namun tidak sedikit pula yang berhasil menjadikan bisnisnya berkembang, ada beberapa faktor penting yang menentukan pergerakan bisnis kecil ini mengalami kegagalan maupun faktor yang membuat bisnis ini menjadi berkembang dan bertambah besar, berikut penjabarannya :
  1. Sebab Kegagalan Secara Umum adalah
  • Tidak mamapu mengelola bisnis, artinya tidak bis mengambil kreputusan dengan segera dan kurang tanggap ketika mengalami hambatan, tidak mengetahui hakikat bisnis yang digelutinya dan pemahaman akan bisnis yang dijalankannya tersebut masih kuran,
  • Lalai, karena pada bisnis kecil dijalankan secara bebas dan sesuai dengan kesanggupan sipemiliknya, hal ini menyebabkan terlalu santai dalam mengelolanya dan terkesan asal-asalan serta tidak serius,
  • Manajemen kurang, banyak pelaku bisnis kecil mengesampingkan hal yang satu ini bahkan tidak dihiraukan sama sekali. Padahal manajeen ini menentukan keberhasilan bisnis kecil yang dikelolanya,
  • Modal kecil, kekurangan modal menjadi faktor penentu matinya bisnis kecil ini bahkan kekurangan modal ini selalu menjadi kambing hitam ketika pelaku bisnis kecil "gulung tikar",
  • Kurangnya ilmu, selain keempat faktor diatas ilmu tentag bisnis juga mempengaruhi terhadp perkembangan bisnis kecil ini,
  1. Sebab yang Menukung Kemajuan Bisnis Kecil
  • Mampu kerja keras, dedikasi tigggi dari pemilik, memiliki semangat untuk maju, optimistis dan banyak bergaul,
  • Peka terhadap pangsa pasar agar produk yang dihasilkan benar-benar dibutuhkanoleh masyarakat, baik produk barang maupun jasa,
  • Pemilik adalah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, supel serta mampu bergaul dengan lingkungan sekitar,
  • Cerdas dan mampu membaca kedepan terhadap kemajuan bisnisnya,
  • faktor keberuntungan,
Seperti itulah perjuangan dan pengalaman, kadang-kadang ada orang yang baru pertama kali membuka uatu usaha kemudian langsung berkembang, namun tidak sedikit orang yang berkali-kali membuka usaha namun sealu mengalami kegagalan, kesuksesan kita tidak berada pada genggaman tangan orang lain tetapi ada dalam genggaman kita sendiri tinggal bagaimana kita membuka genggaman tersebut agar bisa merasakan apa yang da didalamnya yaitu Kesuksesan.....

0 komentar:

Post a Comment