Wirausaha / Wiraswasta

Dunia mengakui Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia sangat kaya dan berlimpah, namun kekayaan alam tersebut tidak menjamin kemajuan dan pembangunan negara tanpa dikelola dengan baik. Mencapai suatu predikat negara yang makmur dibutuhkan pula Sumber Daya Manusia (SDM) yang mantap dan berkualitas, mampu mengelola SDA yang ada dengan baik dan bertanggung jawab. Berani berspekulasi guna menghadapi persaingan serta mampu mampu mendayagunakan setiap sumber daya yang ada baik material maupun finansial. Sahabat semua dalam postingan kali ini kami akan menyajikan sebuah topik, ilmu atau pembahasan mengenai kewirausahaan atau yang lebih dikenal dimasyarakat kita dengan sebutan wiraswasta baik dari sudut sejarah perkembangan, pengertian, ciri serta macam-macam wirausaha.
Para wirausahawan mempunyai peranan penting dalam memajukan dan membangun sebuah negara serta mereka tidak pernah merasa bosan dalam menghadirkan terobosan dalam bidang perekonomian suatu negara tentunya. Dari sekian banyak permasalahan dibidang ekonomi negara kita yang tidak pernah kunjung usai dan menemui jalan keluar adalah masalah pengangguran, tiap tahunnya pengangguran ini bukan berkurang tapi justeru bertambah sedangkan lapangan pekerjaan semakin sulit dan terbatas. Untuk mengantisipasi permasalahan ini salah satu cara terbaik yaitu dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM melalui kegiatan kewirausahaan.
Istilah wirausaha ini sangat identik dengan wiraswasta, sedikit mencontek pernyataan dari seorang tokoh yang mempopulerkan istilah ini yaitu Dr. Suparman Sumahamijaya dalam bukunya "Entrepeneur" yang pertama kali dipopulerkan oleh seorang Irlandia, Richard Cantillon dalam bukunya "Essai Sur la Nature du Commerceen General". Istilah entrepeneur sendiri berarti seseorang yang memulai usaha baru, dengan menanggung segala resiko serta mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut. Sedangkan wiraswasta secara etimologi terdiri dari tiga suku kata yaitu Wira=Utama, gagah, luhur, berani, teladan. Swa=Sendiri dan Sta=berdiri yang apabila digabungkan kira0-kira memiliki pengertian Suatu keberanian untuk memulai suatu usaha baru dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan permasalahan hidup dengan mengandalkan kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri.
Beberapa ilmuan yang mendalami aspek dari kewirausahaan, memilki pengertian yang berbeda-beda yang didasarkan pada hasil penelitian mereka,
  • Syis, dalam bukunya "Bimbingan Usaha"
    wiraswasta adalah kepribadian yang unggul yang mencerminkan budi luhur yang patut diteladani, dengan hanya bermodalkan kemampuan yang dimiliki bisa menghasilkan suatu karya untuk mendukung kemajuan manusia yang berlandaskan kebenaran.
  • Joseph Scumpeter
    Wirausahawan, adalah seorang inovator yang menciptakan suatu fungsi produk baru, menemukan kombinasi baru selain metode produksi, juga menemukan produksi baru, bahan baku baru, pasar baru, metode pemasaran baru atau aktivitas ekonomi lainnya.
  • Vermon A. Musselman dan john H. Jackson
    Wirausaha adalah menginvestasikan dan mempertaruhkan (dalam arti bersedia menanggung resiko) waktu, uang dan usaha
  • Webster
    Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, mementukan cara produksi baru, menyususn operasi untuk mengadakan produksi baru, mengatur permodalan operasi dan memasarkan produknya.
Secara garis besar bisa disimpulkan bahwa Wirausaha adalah seseorang yang mampu menghasilkan metode baru dalam mengelola suatu usaha berdasarkan kemampuan dan kepandaian yang dimiliki guna meningkatkan efisiensi pada produk yang diolahnya baik barang maupun jasa untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Wirausaha ini sangat identik dan erat kaitannya dengan para pelaku bisnis kecil, karena keterkaitannya tesebut bila dilihat dari cirinya memiliki kesamaan klik disini untuk membacanya.
Ada beberapa jenis dan kategori pada bidang kewirausahaan ini, sebagai pelengkap kami sertakan dua jenis wirausaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita :
  1. Wirausaha Andal
    Wirausaha yang memiliki sikap, perilaku dan kemampuan wirausaha yang cukup baik untuk dapat mendirikan, memiliki serta mengelola suatu usaha yang resikonya tidak terlalu besar dengan jenis kegiatan dan usahanya sederhana
  2. Wirausaha Tangguh dan Unggul
    Wirausaha yang mempunyai sikap, semangat, perilaku dan kemampuan yang sangat baik untuk mendirikan, memiliki dan menangani lperusahaan yang resikonya cukup besar serta kegiatan usahanya cukup kompleks, juliukan untuk wirausaha tangguh ini diberikan kepada orang yang telah berhasil menjalankan wirausaha andal.
Baiklah sahabat semua sementara postingan kali ini dicukupkan dahulu, semoga sedikitnya menjadi beranfaat bagi sahabat semua. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan bisa dipostkan lewat kotak komentar atau menghubungi kami.

0 komentar:

Post a Comment