Amal Unggulan di Bulan Puasa – Part 2

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita bimbingan dan kekuatan dalam mengisi bulan Ramadhan ini. Tidak lupa sholawat dan salam kita sampaikan kepada Rasulullah SAW, uswah dan qudwah kita dalam mengisi Ramadhan dengan segenap amal kebaikan dan ibadah yang disyariatkan. Tanpa terasa hari-hari Ramadhan terus berjalan cepat, sebelum terlambat marilah senantiasa kita mengevaluasi amal apa saja yang telah kita jalankan. Apakah benar-benar kita telah mengoptimalkan Ramadhan untuk mendulang pahalan dan keberkahan ? Atau malah justru kita melewati hari hari di dalamnya hanya dengan kemalasan dan amal ibadah seadanya ?.
Pada postingan sebelumnya kita telah membahas dua ibadah unggulan di bulan Ramadhan, yaitu Qiyam Ramadhan atau yang biasa disebut dengan sholat tarawih, serta tadarus atau membaca dan mempelajari kitab suci Al-Quran. Selain dua ragam ibadah tersebut, di dalam bulan Ramadhan masih banyak terbuka peluang amal ibadah unggulan lainnya yang juga disyariatkan. Mari kita telusuri satu persatu secara singkat, dan berusaha kita jalankan selagi masih ada kesempatan di bulan Ramadhan kali ini.
  1. Memperbanyak Sedekah
  2. Dari Ibnu Abbas RA. Berkata: “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan kedermawanannya lebih lagi pada bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya. dan Jibril menemuinya setiap malam di bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah SAW lebih murah hati melakukan kebaikan daripada angin yang berhembus”. ( Shahih Al Bukhari)
  3. Menyediakan hidangan berbuka
  4. Rasulullah SAW bersabda :“Barang siapa yang memberi hidangan berbuka untuk orang yang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sama sekali.” (HR. Tirmidzi. Dia berkata, “Hadits hasan shahih.”)
  5. Menjalankan I’tikaf di Akhir Ramadhan
Akhirnya, Mari bersama menguatkan tekad, saling menasehati satu sama lainnya, seraya memohon kekuatan kepada Allah SWT agar benar-benar kita bisa menghiasi Ramadhan ini dengan sepenuh amal kebaikan.

0 komentar:

Post a Comment