Kiat Menjadi Marketing Sukses

Tadinya malam ini mau bongkar pasang HP, namun karena malas jadinya iseng-iseng chatting dan setelah ngalor-ngidul chat sama temen ada seorang temen yang nanya bagaimana agar bisnisnya bisa berjalan lancar dan target dari marketingnya bisa mendapatkan hasil memuaskan. Berawal dari obrolan tersebut timbulah ide untuk membuat artikel ini walaupun saya sendiri tidak begitu paham dengan ilmu marketing, namun gak ada salahnya saya sedikit berbagi ilmu dengan rekan-rekan semua melalui artikel ini.

Sebelum saya membahas lebih jauh bagaimana menjadi seorang marketing yang sukses tentunya kita harus tahu dulu apa itu marketing? Dari beberapa buku yang saya baca ternyata definisi atau pengertian dari marketing itu bermacam-macam dan bukan orang sembarangan yang mendefinisikan marketing tersebut mereka adalah pakar dibidangnya, lalu apa saja definisi tersebut :


Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion and distribution of ideas, goods, and services to create exchanges that satisfy individual and organizational goals. (The American Marketing Asociation)

Marketing is the process by which decisions are made in a totally interrelated changing business environment on all the activities that facilitate exchange in order that the targeted group of customers is satisfied and the defined objectives accomplished. (Mixon Chair dan Professor, Weatherhead School of Management at Case Western Reserve University)

Marketing is about creating satisfactory exchanges via effective and integrated communication with consumers and building relationships with customers and with other publics who could impact organizational performance (the investors, analysts, employees, pressure groups, and so on) by means of effective corporate communication.


Dari pengertian diatas semoga bisa dipahami dan apabila sulit untuk dipahami berati kita sama dan jangan khawatir karena banyak orang diluaran sana yang jumlahnya jutaan atau mungkin milyaran orang yang tidak paham dengan marketing karena marketing ini merupakan hal yang sangat kompleks untuk dipahami, namun terlepas dari pengertian tersebut diatas pada dasarnya sama saja bahwa marketing tidak sama dengan menjual, hal tersebut diungkapkan oleh the S.C. Johnson & Son Distinguished Professor dari International Marketing di the Kellogg Graduate School of Management at Northwestern University Phillip Kotler
.

Lalu apa perbedaannya antara marketing dan selling?..apabila dilihat dari segi pengertiannya terlihat sangat jauh berbeda karena marketing merupakan suatu upaya yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin memenuhi permintaan, mengukur kemampuan dan kekuatan serta mengidentifikasi pangsa pasar agar barang atau jasa yang akan diperkenalkan kepada calon customer bisa menjadi produk andalan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal bahkan sebelum produk tersebut dibuat. Sedangkan Selling hanya bisa dilakukan setelah produk yang akan ditawarkan sudah benar-benar dibuat. Namun keterkaitan antara marketing dan selling tentu saja ada, karena tidak mungkin suatu barang yang akan ditawarkan begitu saja dibuat tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu dengan kata lain selling akan berjalan baik apabila didahului oleh marketing dan sebaliknya selling tidak akan bisa berjalan tanpa adanya marketing
.

Dengan penjabaran diatas mudah-mudahan menambah sedikit ilmu tentang pentingnya marketing dalam suatu bisnis tidak terlepas dari besar atau kecilnya bisnis tersebut. Tenang pembahasannya masih panjang (tarik nafas dulu sebelum melanjutkan untuk membacanya). Untuk mencapai keinginan agar bisnis kita berjalan lancar tentu saja proses marketing merupakan modal utama agar bisnis kita tidak "lesu" kemudian "mati" begitu saja dan ada beberapa tips dan trik agar kita menjadi seorang marketing yang sukses, kita akan membahasnya lebih lanjut...

1. Kenali Diri Anda Sendiri
Betapa pentingnya untuk mengenali diri sendiri, karena diri anda adalah modal yang sangat utama untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan, hargai diri Anda,cobalah jujur pada diri sendiri dan temukan sifat-sifat negative dan positif pada diri Anda, kubur sifat negative, galilah sifat positif yang ada pada diri anda. Diri Anda adalah seperti apa yang Anda pikirkan !!!

2. Temukan dan Wujudkan Mimpi Anda
Setiap orang pastinya mempunyai mimpi yang berbeda-beda, mungkin salah satu mimpi terbesar anda adalah menjadikan bisnis anda menjadi berkembang dan besar. Untuk mewujudkannya tentu saja kita harus tahu apa yang menjadi impian kita ketika menjalankan bisnis yang sedang anda geluti, bermimpilah sebesar-besarnya karena dengan begitu anda akan termotivasi untuk bangkit kembali ketika anda menemui kesulitan dan hampir menyerah dengan keadaan, bermimpilah seakan anda memiliki semua keinginan anda, bukankah mimpi itu gratis???

3. Bersikaplah Seperti Orang Sukses
Dengan bersikap seperti orang sukses anda akan selalu bersemangat, bergairah dan pantang menyerah dalam kondisi yang sangat sulit sekalipun. Inilah yang sulit dianamkan dalam diri kita, selalu menyerah dengan keadaan dan tidak pernah berusaha untuk menyingkirkannya, (Opportunity is “Now Here” not “Nowhere”).

4. Tentukan Target “Goals” dalam Hidup Anda.
Tentukanlah apa yang ingin anda capai agar anda termotivasi untuk lebih maju, Setidaknya ada 7 target yang harus Anda miliki ; Target Finansial (Kapan Anda akan mencapai kebebasan finansial?), Target Keluarga (Kapan mau menikah?, Anak mau disekolahkan kemana?), Target Spritual (Kapan mau Naik Haji?), Target Karir (Ingin punya usaha sendiri?), Target Pribadi(Kapan mau punya rumah dan mobil sendiri?), Target Sosial (Jangan batasi kelompok sosial mana yang Anda akan masuki?), Target Kesehatan (Programkan Jadwal Olahraga, Medical Check Up dan mungkin Rekreasi?)

6. Buat Rencana Kerja dan Kerjakan Rencana Anda.
Jadilah seseorang yang menghargai waktu, dengan begitu anda akan sangat mudah untuk mengerjakan pekerjaan karena semua detail pekerjaan anda sudah terorganisir sebelumnya.

7. Introspeksi Diri
Pepatah bijak mengatakan tidak akan ada suatu keberhasilan tanpa didahului dengan kegagalan dan pengalaman adalah guru terbaik, begitupun dengan pekerjaan kita belajar dari suatu kegagalan akan sangat bermanfaat untuk bisa meraih kesuksesan dan jangan sekali-kali anda mengulangi kesalahan terdahulu apabila anda tidak mau merugi

8. Bergembiralah dan Senantiasa Ikhlas.
Cintailah pekerjaan anda niscaya pekerjaan anda dan lakukanlah dengan senang hati tanpa ada paksaan dari siapapun, sebagai Marketing tentunya setiap hari anda akan memperoleh relasi baru dan barang tentu dengan bertambahnya relasi akan bertambah pula rejeki.

9. Smart Work Not Hard Work.
Sebagai seorang marketing tentu tidak hanya mengandalkan otot ketika anda bekerja, disinalah seorang marketing dituntut untuk pintar dalam membaca pasar agar barang/jasa yang akan ditawarkan mendapat sinyal positif dari calon konsumen

10. Perluas Jaringan Anda.
Dengan memperluas jaringan ini diharapkan produk/barang yang dikeluarkan oleh perusahaan anda mendapat tempat yang spesial karena dengan luasnya jaringan yang anda kembangkan akan menjadi peluang yang besar untuk anda, tidak ada salahnya apabila anda bergabung dengan organisai-organisasi bisnis ditempat anda dan menghadiri setiap pertemuan atau seminar bisnis di kota anda.

11. Pelajari Detail Bisnis perusahaan
Penting bafi seorang marketing untuk tahu banyak tentang bisnis perusahaan anda, hal ini akan memudahkan ketika anda melakukan negosiasi dengan calon konsumen dan bisa dengan cerdas menilai pangsa pasar untuk produk yang anda tawarkan.

12. Selalu membawa Kartu Nama.
Jangan pernah ragau untuk selalu bertukar kartu nama dengan orang yang anda kenal, relasi ataupun dengan orang lain yang justeru belum anda kenal sebelumnya disetiap pertemuan bisnis yang anda hadiri. Cerminkan sikap baik anda karena ini adalah modal awal dalam memperkenalkan citra perusahaan anda.

Tahukah anda bahwa hampir 90% orang sukses didunia ini adalah "Orang Marketing" bukan seorang pegawai dan fakta dilapangan bahwa orang sukses selalu hidup dengan gembira, bergairah, sehat dan panjang umur...ini kan yang selalu kita inginkan???

Artikel ini semoga bermanfaat bagi anda, apabila ada kritik, saran dan tambahan yang berhubungan dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentarnya. Saya ucapkan terima kasih bagi seorang teman di Malaysia yang sudah memberi inspirasi untuk menulis artikel ini dan terima kasih juga kepada Keyshia Azarinie dan Mas Fey.Tidak lupa Salam Kreatif dari Saung Group. Terima kasih.

7 komentar:

  1. This artical so healpfull.... Thanks

    ReplyDelete
  2. sangat terkesan dengan kalimat, "diri anda adalah modal yang sangat utama untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan"

    ReplyDelete
  3. Diri Anda adalah seperti apa yang Anda pikirkan !!!
    Benarkah demikian? Berarti sebenarnya sugesti diri sendirilah yang paling mujarab dalam menghadapi segala hal..

    ReplyDelete
  4. Bersikap seperti orang sukses semoga bisa benar-benar menjadi orang sukses. terima kasih atas sajian artikel yang membakar semangat ini.

    ReplyDelete
  5. saat memutuskan menjadi seorang marketer, harus benar-benar tau dan mengenal detail bisnis perusahaan.

    ReplyDelete
  6. seorang marketing adalah seorang yang penuh semangat pantang menyerah dan selalu gembira menjalankan profesinya. makasih untuk inspirasinya

    ReplyDelete