Manfaatkan Limbah Untuk Pakan

Dalam upaya meningkatkan hasilpanen yang berlimpahdan tentunya dengan meraup keuntungan banyak dibutuhkan suatu strategi matang, dalam budidaya lele dumbo mensiasati agar keuntungan yang didapat sesuai dengan keinginan baik dalam proses pembibitan maupun pembesaran adalah dari segi pemberian pakan, dlam ostingan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang pemanfaatan limabah sebagai pakan alternatif disamping pemberian pakan toko.
Seperti yang kita tahu lele dumbo merupakan salah satu ikan air tawar yang tingkat konsumsi terhadap pakan sangat besar skali ya bisa dikatakan lele adalah ikan yang rakus, sehingga tidak perlu heran dan aneh apabila kekurangan atau telat dalam pemberian pakan lele ini aan saling mmakan karena sifat dari lele ini adalah kanibal.


Namun banyak petani yang mengeluh dalam hal pakan, karena secara itung-itungan diatas kertas apabila sampai proses panen diberi pakan toko secara terus menerus maka keuntungan yang didapat bisa sangat tipis sekali bahkan tidak sdikit yang merugi karena terlalu mengandalkan pakan dari toko,sebagai bahan acuan dalam beberapa buku tentang budidaya lele dumbo, secara teori pemberian pakan adalah sepuluh kali lipat dari total berat benih yang ditabur artinya secara sederhana apabila menbar benih sebanyak 10kg maka pakan yang dibutuhkan sedikitnya 100kg atau 1 kwintal denga asumsi harga pakan toko per kg Rp. 8000 berapa duit yang harus dikeluarkan untuk membeli pakan bayangkan apabila benih yang ditabur sebanyak 100kg ??
Ketika kami mengadakan studi banding dengan para petani yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis ini ternyata untuk mensiasati hal tersebut bisa menggunakan pakan alternatif selain dari pakan toko, pakan alternatif tersebut salah satunya bisa memanfaatkan limbah atau sisa pembuangan disamping pemberian probiotik untuk mempercepat pertumbuhan. Ada beberapa limbah yang bisa kita manfaatkan sebagai penggantiu pakan toko, limbah ini bisa didapat dengan harga yang murah bahkan bisa gratis dan bagi anda yang sedang atau akan memulai bisnis didunia ini tidak ada salahnya untuk mencoba. Limbah-llimbah trsebut bisa didapat dari limbah pasar atau rumah tangga seperti limbah sayuran dan buah, sosis basi, nugget basi, sisa nasi, ampas tahu, dedak halus dan roti basi dan bubuk pindang.
Untuk proses pengolahannya sendiri bisa dilakukan dengan ide dan cara masing-masing, bisa direbus terlebih dahulu, dihaluskan atau langsung diberikan pada sirakus lele bahkan apabila sahabat mendapatkan banyak macam limbah seperti yang diatas bisa mencampurkan limbah tersebut menjadi satu dengan cara diaduk sebelum diberikan kepada lele. Agar pertumbuhan lele bisa setara denga pemberian pellet lakukan pemberian pakan ini secara teratur tiga sampai lima kali sehari namun sebaiknya pemberian pellet jangan dihentikan karena pellet ini bisa berfungsi sebagai pemancing nafsu makan.
Begitulah sahabat pemanfaatan limabah sebagai pakan ini semoga bermanfaat dan memberikan keuntungan yang banyak, memnfaatkan limbah yang ada disekitar kita membantu upaya pemerintah dalam menanggulangi sampah teriutama sampah pasar. Sperti biasa jangan lupa tinggalkan jejak dan selamat mencoba...SEMOGA SUKSES

0 komentar:

Post a Comment