Hasil Positif Pakan Alami

Dari beberapa postingan sebelumnya telah dibahas bagaimana mendapat keuntungan sesuai dengan keinginan dengan mensiasati pakan menggunakan limbah maupun dengan menggunakan probiotik untuk mempercepat pertumbuhan, pada postingan kali ini masih membahas tentang pakan. Mungkin sahabat ada pertanyaan kenapa diblog ini banyak memposting tentang pakan? sedikit akan kami jelaskan untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam dunia perikanan khususnya budidaya ikan air tawar perihal pakan ini menempati urutan teratas dalam upaya meningkatkan dan memaksimalkan hasil panen pada ikan yang dibudidayakan  baik ikan mas, ikan nila, gurameh maupun lele dumbo. Berangkat dari alasan tersebutlah kami sedikit banyak memposting tentang pakan ini, baik kita langsung meluncur sesuai judul diatas agar tidak terlalu berbelit-belit.
Untuk postingan kali ini kita akan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) negara kita yang berlimpah ruah, bagi sahabat yang tinggal didaerah yang memiliki lahan pesawahan yang luas, banyak terdapat selokan dan sungau, sahabat patut bersyukur apalagi sdang menekuni bisnis budidaya ikan air tawar., pada kawasan atau daerah seperti ini sahabat akan sangan mudah sekali mendapatkan pakan yang bersumber dari alam dan tingkat keberhasilan serta efektifitas dari pakan alami ini sangat baik sekali bahkan mengalahkan pakan toko, namun dibutuhkan tenaga dan kemauan untuk mencari pakan alami ini kareana tidak akan begitu saja pakan alami ini berkunjung kekolam anda apalagi mereka tahu bahwa kedatangannnya akan menjadi santapan lele anda...hehe.
Pemberian pakan alami yang teratur akan sangat membantu anda baik dari masa panen yang lebih singkat maupun penekanan biaya untuk pembelian pakan, banyak sekali pakan yang disediakan oleh alam dari hasil yang pernah kami coba pemberian pakan ini yang dilakukan setiap hari dan teratur bobot lele akan sangat terlihat sekali serta pertumbuhannya akan lebih cepat, apa saja pakan alami tersebut pertama adalah keong (Keong mas atau bekicot), sumber paka yang satu ini memiliki kandungan protein yang sangat besar sekali seperti yang kita ketahui bersama protein ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan lele dan sebagai sumber nutrisi yang membantu tingkat pertumbuhan serta perkembangan lele, maka tidak heran apabila sahabat rajin memberikan pakan ini pertumbuhan dan bobot lele akan menigkat dengan pesat.
Pakan alamai yang selanjutnya yairu cacing rambut (Tubifex, sp), cacing rambut ini bisa dengan mudah ditemukan diselokan saluran pembuangan rumah tangga atau sungai bentuk tubuhnya yang kecil, berwarna merah dan selalu hidup bergerombol inilah yang kemungkinan besar isebut dengan cacing rambut. Tidak perduli dengan sebutan apa dan asal muasal namanya namun yang pasti cacing ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber pakan yang baik bagi perkembangan bisnis kita, kandungan nutrisi yang terkandung dalam cacing ini hampir sama dengan keong bahkan ada yang berpendapat kalau nutrisi dalam cacing ini lebih baik debandingkan dengan keong. Pemberian cacing ini tidak sama dengan keong, apabila sahabat akan menggunakan pakan ini sebagai tambahan jangan memberikannya secara berlebihan karena dengan pemberian cacing berlebihan dan terlalu banyak justeru akan membawa dampak yang negatif bagi lele anda, karena baunya yang sangat amis pemberin cacing ini harus dengan takaran dan disesuaikan dengan bobot si lele jangan sampai ada tersisa yang akan menimbulkan sumber penyakit, apalagi anda melakukan proses pembibitan.
Kedua pakan alami itulah yang pernah kami coba dan masih berjalan sampai sekarang, dengan informasi ini semoga bisa menambah keuntungan dan tentunya pengetahuan sahabat seputar budidaya lele dumbo, ya walaupun informasi yang kami sampaikan sangat terbatas dan jauh dari sempurna apalagi dibandingkan dengan informasi orang lain yang jauh lebih menarik, namun tidak ada salahnya kami ikut meramaikan. Sahabat ada pertanyaan, saran atau kritik? kami siap menjawabnya elalui kotak komentar ataupun melalui e mail.

2 komentar:

  1. Gmana caranya biar plankton bisa hidup di kolam gan ..??
    tolong jawab ke no. ini aja gan soalnya saya jarang ke warnet ...
    ini nomor nya 085251814552
    trims sblumnya

    ReplyDelete
  2. @Anonymous : agar plankton bisa hidup dikolam bisa menggunakan Probiotik Nature atau bisa menggunakan daun kelapa yang masih muda dengan memasukannya langsung kekolam budidaya. Terima kasih kunjungannnya.

    ReplyDelete