Tips Pemberian Pakan

Pemberian pakan secara teratur pada tiap harinya turut serta membantu pertumbuhan ikan yang kita tanam, namun ternyata hal ini banyak disepelekan oleh petani bahkan cenderung diabaikan, banyak yang beranggapan bahwa semakin sering ikan diberi pakan maka pertumbuhannyapun akan cepat. Hal tersebut memang ada benarnya namun dari pengalaman kami selama menggeluti dunia perikanan air tawar khususnya ele dumbo ada baiknya pemberian pakan dilakukan secara teratur dan memakai takaran dengan begitu pertumbuhan ikan akan lebih stabil dan cenderung sehat tidak mudah terserang oleh panyakit.
Berikut sedikit tips yang smoga bermanfaat bagi sahabat yang sama-sama menggeluti perikanan air tawar terlepas dari pakan apa yang dipakai apakah peakan toko, limbah, ataupun dengan pakai pakan alami tergantung kebiasaan dan stok yang ada, silahkan disimak.


  1. Atur Waktu Pemberian Pakan
  2. Pengaturan waktu untuk pemberian pakan adalah hal yang paling utama harus sahabat perhatikan pada setiap harinya, tentukan pula berapa ,kali pemberian pakan setiap harinya. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan lele stabil tidak naik turun karena pertumbuhan lele dikolam peliharaan tergantung pada pakan yang diberikan. Sebagai contohkami biasa memberiakan pakan tiga kali sehari yaitu pada pagi hari (09.00), siang hari (14.00) dan malam hari (19.00), atau apabila menginginkan pertumbuhan kikan lebih maksimal sahabat bisa melakukan pemberian pakan lima kali/hari dengan penambahan jam yaitu pada waktu tengah malam (23.00) dan shubuh (05.00).
  3. Biasakan Menggunakan Takaran
  4. Hindari pemberian pakan seenaknya tanpa takaran, hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan ikan akan naik turun. Pemberian takaran dilakukan selain untuk pengaturan pakan juga untuk menstabilkan pertumbuhan ikan. Pemberin takaran disesuaikan dengan jumlah/bobot total ikan yang dipelihara dan selalu bertambah tiap minggunya minimal 1kg dari pemberian awal dan berikan takaran ekstra ketika malam hari karena sifat dasar lele yang aktif pada malam hari (nocturnal) maka pada waktu tersebut pertumbuhan ikan akan lebih cepat.
  5. Tingkatan/Tambah Takaran Setiap Minggunya
  6. Semakin ikan bertambah besar maka kebutuhan akan makananpun akan lebih banyak ibanding ketika ikan masih kecil, untuk menghindari kekeurangan pakan yang tersedia sehinggaa terjadi kanibalisme antar lele maka penambahan ptakaran harus dilkakukan setiap kali akan memberikan pakan pada ikan dan rutin dilakukan setiap minggunya.
  7. Penambahan Menu Baru
  8. Ternyata tidak hanya manusia saja yang merasa bosan ketika mendapati makanan yang sama, ikanpun demikian -walaupun belum pernaha ada yang protes- maksud dilakukan penambahan menu baru ini yaitu untuk merangsang serta smeningkatkan proses pertumbuhan ikan apabila tersedia lakukan pemberian pakan baru ini yang mengandung banyak protein seperti pakan alami pemberiannyapun bisa dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu.
Sebegitulah sahabat tips kali ini semoga banyak bermanfaat dan menambah sedikit wawasan, masih banyak postingan belum kami muat karena kesibukan kami didarat lain kesempatan kita akan bertemu lagi dengan postingan lebih baru tentunya, namun jangan lupa tinggalkan jejak sahabat pada kolom kometar atau terserah sahabt deh mau dimana saja...Good Luck

0 komentar:

Post a Comment